KonSERVASI eNERGI

Nature  of energy:

Energy is all around you, you can hear energy as sound, u can see it as light, u can feel it as heat and u can witness it as wind.

Energi adalah property yang unik karena bentuk manifestasinya bermacam-macam. Hal tersebut sesuai dengan hukum kekekalan energi (Hukum I Termodinamika)yang berbunyi: “Energi dapat berubah dari satu bentuk ke bentuk yang lain tapi tidak bisa diciptakan ataupun dimusnahkan (konversi energi).

Makhluk hidup butuh energi untuk keberlangsungan hidupnya.  Energi yang digunakan oleh makhluk hidup biasanya melalui proses keonversi atau perubahan bentuk dari sumber energi awal hingga dapat digunakan. Proses konversi energi terkait erat dengan hukum-hukum Newton.

Hukum I Newton

Hukum ini sering juga disebut sebagai hukum inersia (kelembaman). Hukum I Newton berbunyi “Jika resultan gaya pada suatu benda sama dengan nol, maka benda yang mula-mula diam akan terus diam. Sedangkan, benda yang mula-mula bergerak, akan terus bergerak dengan kecepatan tetap”.

Hukum II Newton

Hukum ini berbunyi “Percepatan dari suatu benda akan sebanding dengan jumlah gaya (resultan gaya) yang bekerja pada benda tersebut dan berbanding terbalik dengan massanya

Hukum III Newton

Hukum ini sering juga disebut dengan hukum aksi-reaksi. Hukum ini berbunyi “Jika suatu benda mengerjakan gaya pada benda lain maka benda yang di kenai gaya akan mengerjakan gaya yang besarnya sama dengan gaya yang di terima dari benda pertama tetapi arahnya berlawanan”.

Pemakaian energi yang terus menerus membutuhkan perhatian khusus untuk jaminan keberlangsungan pasokannya, sehingga konservasi energi menjdi hal yang mutlak diperhatikan oleh seluruh pemegang kepentingan, maupun masyarakatnya sendiri.

Konservasi energi dari pandangan kebijakan publik:

  • Pasal 1, UU No. 30/2007
  • Amanat  Perpres 43/1991 tentang Konservasi Energi
  • Amanat PP 70/2009 tentang Konservasi Energi

Peninjauan pengertian konservasi energi harus dilihat dari kebijakan public karena menyangkut pengaturan public goods.  Sehingga diperlukan langkah nyata dari sebuah kebijakan public yang dibuat, agar dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari untuk terjaminnya pasokan energi.

——————————————————————————————————-

Energi dan Lingkungan 3.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s